Sejuta Hal tentang Jeruk dan Lemon

Thursday 29 March 2018

Uniknya Jeruk Purut




A. Asal Usul

Jeruk purut ini merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh hanya di tempat-tempat tertentu. Tanaman jeruk purut ini biasanya hanya dapat berkembang biak di tempat-tempat yang sejuk dan dingin saja, seperti halnya di tempat perbukitan atau di tempat-tempat yang lebih tinggi. Untuk tanaman jeruk ini memang lebih banyak di budidayakan di negara kita. Karena di negara kita inilah yang memiliki kondisi cuaca yang bisa di katakan stabil. Tetapi orang-orang yang ada di luar negeri, seperti yang berada di negara Eropa juga tertarik dengan tanaman jeruk purut yang ada di Indonesia.
Pertama kali jeruk purut ini dapat tumbuh dan di budidayakan di Indonesia ini berkat dari orang Asia. Mereka membawa biji tanaman jeruk purut ke dalam Indonesia, kemudian orang-orang Indonesia mulai melakukan penanaman biji tanaman jeruk purut tersebut di sekitar pekarangan rumahnya.

Setelah biji tanaman jeruk purut ini di tanam, dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Setelah mereka mengetahui biji tanaman jeruk purut dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, baru lah mereka membudidayakan tanaman jeruk purut ini di lahan atau di perkebunan mereka.



B. Morfologi Jeruk Purut 

Tanaman jeruk purut ini merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. Walaupun sama-sama jeruk, tanaman jeruk purut ini tentunya berbeda dengan tanaman jeruk nipis. Jika di lihat dari kejauhan daun dari tanaman jeruk purut ini terlihat seperti daun tanaman jeruk nipis.
Tetapi setelah di lihat lebih dekat lagi, daun yang ada pada tanaman jeruk purut ini merupakan jenis daun majemuk. Yaitu bentuk daunnya menyirip dan beranak daun satu. Bukan hanya itu saja, daun yang ada pada tanaman jeruk purut ini terbilang cukup lebar di bandingkan dengan tanaman jeruk nipis. Selain itu, daun jeruk purut ini memiliki bau yang sangat wangi, berbeda dengan daun jenis jeruk lainnya. Walaupun sudah di petik hingga satu minggu lebih, daun dari tanaman jeruk purut ini masih tetap memiliki bau yang wangi, sehingga untuk membedakannya sangat lah mudah.

 Jenis tanaman jeruk purut ini juga merupakan jenis tanaman jeruk yang proses penanamannya cukup lambat. Dalam proses penanaman pada tahap awal, tanaman ini akan mengalami kegagalan. Jika kita tidak menginginkan kegagalan tersebut, maka kita harus melakukan penanaman ini dengan cara yang baik dan benar.

Biasanya jika usia tanaman jeruk purut ini telah mencapai sekitar 4 tahun, maka tanaman ini akan banyak menghasilkan buah yang siap di panen sepanjang musimnya. Jika sudah mencapai usia yang cukup, tanaman ini tidak akan mengalami kegagalan dalam melakukan proses pemanenan.

No comments: