Sejuta Hal tentang Jeruk dan Lemon

Thursday 29 March 2018

Morfologi Jeruk Kunci



Jeruk kunci adalah sejenis buah jeruk yang besarnya sekisaran bola pimpong atau bola golf. Warnanya hijau tua, sewarna dengan daunnya. Baunya sangat segar dan bisa dikonsumsi langsung karena rasanya pun sangat nikmat meski tentunya lebih asam dan kecut. Jeruk kunci biasa juga disebut sebagai jeruk sambal, jeruk cina, atau limau calong. Buah ini sangat mudah dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan sayuran maupun di pasar-pasar tradisional.

Seperti halnya buah jeruk lainnya, jeruk kunci memiliki kandungan vitamin C yang sangat melimpah. Namun berbagai sumber mengatakan bahwa kandungan vitamin C di dalam jeruk kunci adalah yang terbesar dibandingkan jenis buah jeruk yang lainnya. Tak heran, jeruk kunci biasa dicari untuk dijadikan sebagai campuran obat batuk, obat pilek, dan obat masuk angin bagi anak-anak dengan cara direbus bersama dengan kayu putih dan dioleskan ke punggung dan dada anak.
Untuk dijadikan bahan masakan, jeruk kunci dengan rasa asam dan kecutnya yang kuat mampu menambah kelezatan hidangan seperti sambal terasi dan sambal tomat. Atau dijadikan perasan untuk kuah soto, pengganti cuka dan biasa juga dijadikan minuman segar.

No comments: