Sejuta Hal tentang Jeruk dan Lemon

Tuesday 22 May 2018

Pengertian, Komposisi, dan Manfaat Pupuk NPK




Pupuk NPK adalah pupuk majemuk yang mengandung unsur hara N (Nitrogen), P (Phospat), dan K (Kalium) yang sangat berguna untuk tanaman. Bahan baku utama yang digunakan adalah urea produksi Pusri, Rock Phosphate, dan KCl. Keunggulan teknologi Pabrik NPK Fusion adalah fleksibilitas untuk dapat memproduksi berbagai macam formula dengan biaya investasi yang rendah.


Dalam rangka pengamanan dan menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk Penyaluran Pupuk Bersubsidi, maka dilakukan perubahan pupuk NPK berwarna ABU-ABU menjadi pupuk NPK berwarna merah muda. Pupuk NPK merah muda tidak mengubah komposisi dan kandungannya, pupuk NPK merah muda tetap aman gunakan, ramah lingkungan dan tidak meracuni tanaman. Adapun bahan pewarna yang digunakan terbuat dari bahan kimia organik yang tidak berbahaya bagi tanaman karena larut dalam air. Formula untuk NPK Subsidi adalah 15 – 15 – 15 sesuai dengan kebutuhan unsur hara dasar tanaman.

PT Pupuk Sriwidjaja Palembang atau PT Pusri Palembang adalah salah satu BUMN yang mendapat tugas untuk memproduksi dan menyalurkan pupuk bersubsidi  di Indonesia, juga menyediakan pupuk non subsidi untuk kebutuhan masyarakat secara umum
 
NPK untuk sektor Non Subsidi bisa dipesan dalam berbagai komposisi, sesuai kebutuhan tanaman dan jenis tanah konsumen. Beberapa contoh formula pupuk NPK yang dapat diproduksi oleh PT Pusri Palembang adalah sebagai berikut :

  •     12-12-17-2 + TE 
  •     13 – 6 – 27 – 4 + 0,5B 
  •     15 – 15 – 15 
  •     Formula lain sesuai permintaan konsumen 



No comments: